BERANTAS BUTA HURUF QUR’AN, ISMUBA SMK MUTU SURABAYA MOU DENGAN TIM TADJID PWM JAWA TIMUR

sosialisasi program berantas buta huruf Al Qur’an SMK Muhammadiyah 1 Surabaya ( foto : Wibisono/SMKMUTU.News )

SMKMUTU.News – Menindaklanjuti beberapa peserta didik yang  masih belum bisa baca tulis Al Qur’an serta tak ingin lulusannya tidak mampu baca Al- Qur’an SMK Muhammadiyah 1 Surabaya melalui TIM ISMUBA membuka Program Unggulan yaitu Baca Tulis, Tahsin dan Tahfidz  Qur’an yang bekerja Sama dengan TIM TADJID PWM JAWA TIMUR. Yang diawali dengan Acara  Sosialisasi Program unggulan kepada wali murid di AULA SMK Muhammadiyah 1 Surabaya pada Jum’at Siang ( 27/08/2021 ),  Acara yang di hadiri kurang lebih 50 orang tua walimurid ini tetap dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, serta berjalan lancar dan mendapat sambutan baik dari wali murid.

Renny Fiqriyah, S.Kom selaku Kepala Sekolah  Dalam Sambutanya mengatakan “ Dalam menjawab Amanah dari bapak ibu wali murid  yang telah menitipkan anak anaknya di sekolah kami, untuk bisa dididik dan disukseskan dunia dan akhirat maka salah satunya adalah kami mengadakan program  pendidikan Al Qur’an bagi calon lulusan, untuk itu kami sangat membutuhkan dukungan dari bapak ibu wali murid semua”.

“Anak adalah investasi besar bagi kita semua yang nantinya menjadi sumber kebahagiaan bagi orang tua ketika orang tua telah tiada, karena mereka selalu mempu mendoakan orang tuanya. Selain itu kami berharap sebelum mereka menuju dunia kerja maka tidak hanya memerlukan pembekalan  hardskill , softskill saja, tapi juga  pembekalan Qur’an  karena mereka kelak menjadi Imam bagi masyarakat dilingkungan kerjanya” Imbuh Renny

Dalam Acara sosialisasi ini juga  dihadiri oleh Direktur  TAJDID PWM JAWA TIMUR yaitu Ustadz Anang Misbahul Munir dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa “ Membaca Qur’an memberi dampak bagi anak untuk menyembuhkan karena alqur’an adalah obat serta mampu mencerdaskan anak , oleh karenanya saya berpesan tidak ada kata terlambat untuk mendorong anak untuk bisa membaca Al Qur’an, selama ada niat sungguh sungguh maka harus terus belajar serta meningkatkan kemampuan belajar Al Qur’an baik membacanya , tahsinnya serta tahfidznya”.

“ Ada 3 kategori yang nanti kami berikan dengan metode Tadjid , bagi tidak bisa sama sekali kita buat anak anak bisa baca sebelum bosan, mereka yang bacaanya kurang pas kita masukkan ke kelas tahsin, mereka  yang bisa dan lancar di ikutkan program Tahfidz membaca sambil menghafal. Sesuai dengan moto nya mencerdaskan dan pasti bisa Karena tidak hanya sekedar bisa tapi IQ nya tambah cerdas karena teknik metode yang mengunakan otak kanan semua potensi anak di maksimalkan mulai audiotori, kinestetik maupun visual”. Tuturnya

Drs. H. Syamsun Aly, MA selaku Pembina ISMUBA dalam Tausyiahnya menasehatkan kepada Wali Murid bahwa “ tentunya bapak ibu sekalian bangga kalau punya anak minimal tidak buta huruf Al Qur’an, yang mana  mulanya saat masuk SMK belum bisa baca setelah Keluar ke SMK mereka bisa baca, terlebih kalau anak kita bisa baca tartil juga, maka Allah akan memberikan ucapan yang bermakna dan berwibawa baginya”.

 “Dengan kita mengenal dan memahami Quran, kita akan terobati dari berbagai penyakit kehidupan dan kita selalu mendapat rahmat oleh Allah mulai didunia hingga Akhirat, itulah safaat Al Quran, kalau kita ingin ditolong Al Qur’an mari kita dekat dengan  Al Qur’an” Imbuh Syamsun Aly Yang juga Pengurus LAZISMU Jawa Timur.

Penulis : Irvandy Andriansyah

Leave a Comment