SMK MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA ADAKAN IN HOUSE TRAINING IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SMK PUSAT KEUNGGULAN

Acara Pembukaan In House Training SMK Muhammadiyah 1 Surabaya dalam Rangka Impelementasi kurikulum SMK PK / foto by : Irvandy-smkmutu.news

SMKMUTU.news – Dalam Rangka mewujudkan kurikulum pendidikan yang memerdekkan SMK Pusat Keunggulan, SMK Muhammadiyah 1 Surabaya melakukan In House Training IHT kurikulum bagi Guru selama 10 hari baik secara luring dan secara Daring, yang di buka pada hari kamis ( 5/08/2021 ) di Aula SMK Muhammadiyah 1 Surabaya Jl Kapasan 73 – 75 Surabaya.
Dalam Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah, komite Sekolah, Ketua Majelis Pendidikan dasar dan Menengah PDM Kota Surabaya, Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo – Surabaya, serta dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo – Surabaya ( melalui Daring ).

Renny Fiqriyah, S. Kom selaku Kepala Sekolah Dalam Sambutan nya menyeruhkan “ IHT merupakan Tahap Awal dalam melaksanakan program implementasi kurikulum baru yaitu pendidikan yang memerdekakan, kita sebagai sekolah pengemban amanat SMK Pusat Keunggulan harus lebih bersemangat dalam mengikuti acara IHT ini, karena kita adalah sekolah yang nantinya memberikan pengimbasan kepada sekolah SMK Sekitar”.

“Sebagai sekolah SMK Pusat Keunggulan pendidik harus mampu berinovasi dalam mengembangkan kurikulum baru ini yaitu mampu membuat kurikulum satuan pendidikan yang berpihak kepada perserta didik. Serta mampu mewujudkan didalamnya kurikulum yang berkarakter profil pelajar pancasila” tutur Renny yang juga pengurus K3S SMA – SMK Muhammadiyah Se Jawa Timur.

Dalam kesempatan acara ini, ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Surabaya Dr H. M Ridlwan dalam sambutanya berpesan bahwa “ Dimasa masa pandemic Covid 19 in, Sekolah mau tidak mau harus melakukan perubahan cara pandangnya dalam melakukan pembelajaran daring yang tentunya menuangkan model pembelajaran inovatif sehingga anak anak meskipun belajar dirumah , belajar merasa sangat menyenangkan”.

“ SMK Muhammadiyah 1 Surabaya juga harus wajib melakukan perubahan Kurikulum, dan saya juga berharap SMK Muhammadiyah 1 Surabaya menjadi pelopor sekolah SMK Muhammadiyah lainya baik di Surabaya dan di Jawa Timur. Majelis juga senantiasa mendukung sepenuhnya terobosan terkait pembelajaran inovatif.” Imbuh Ridlwan yang juga Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Acara IHT ini juga diberikan dukungan oleh dewan Pengawas dari Cabdin pendidikan wilayah Sidoarjo – Surabaya yakni Bapak Drs. Abdul Salam, MM, beliau banyak berpesan bahwa “ Sekolah harus mau menerima perubahan zaman serta tantangan, merubah mainset , lulusanya memiliki karakter profil pelajar pancasila yang unggul dan siap bersaing di dunia global”.

Acara IHT ini di buka secara daring melalui virtual zoom oleh Dra Cahaya Kartika KASI SMA PK-PLK cabang dinas pendidikan propinsi jawa timur wilayah Sidoarjo dan Surabaya, dalam pembukaan nya beliau menasehati bahwa “ SMK Muhammadiyah 1 Surabaya harus mampu mempertahankan amanah yang telah diberikan oleh dirjen vokasi sebagai sekolah SMK Pusat Keunggulan serta menjadi contoh sekolah sekolah SMK lainya dan memberikan pengimbasan kepada sekolah SMK di sekitarnya terkait kurikulum dan pembelajaran yang memerdekakan.”

“Kegiatan IHT ini merupakan program sekolah penggerak yang mana intinya peserta memahami filosofi pembelajaran yang memerdekakan, profil pelajar pancasila dan implikasinya dalam pembelajaran, sebelum terlaksanya IHT para guru yang terpilih menjadi fasilitator terlebih dahulu melaksanakan TOT ( training of trainer ) yang di adakan oleh kementrian pendidikan melalui dirjen vokasi selama 10 hari berturut turut melalui daring dengan mengunakan LMS learning Managemen System. Setelah mendapat pelatihan fasilitator mengimbaskan kepada teman teman guru yang lain” . Tutur Irvandy Andriansyah selaku Fasilitator kegiatan IHT.

“Pelaksanaan IHT ini berlangsung 10 hari . 5 hari tatap muka dengan mematuhi protocol kesehatan dan 5 hari berikutnya melalui daring dengan akhir dari acara peserta membuat perangkat Ajar serta Modul Ajar yang tertuang didalamnya juga Assesmen”. Imbuhnya.

Penulis : Irvandy Andriansyah

Leave a Comment