IKUTKAN KADER WIRAUSAHA MILLENIAL DALAM TRAINING WIRAUSAHA SMK DI ERA NEW NORMAL, SMK MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA DAPAT MANFAAT ISTIMEWA

Prof. Ass, Dr. Basa Alim Tualeka, M.Si saat memberikan materi Kewirausahaan ( Foto By Devi Widya Afriani / SMKMUTU.New )

Program pelatihan wirausaha banyak memberikan manfaat begitu luar biasa terutama bagi siswa dan guru  milenial, ditengah pandemi ini di tuntut harus bisa mempunyai karakter wirausaha untuk memulihkan ekonomi masyarakat dengan membuka lowongan pekerjaan baru dan membentuk keterampilan baru bagi anak didik yang inovasi dan kreatif, melalui acara pelatihan kewirausahaan ini di harapkan banyak hal baru yang diperoleh yang nantinya akan bisa mewujudkan kader kader wirausaha muda.

baru baru ini SMK Muhammadiyah 1 Surabaya mengutus Bu Devi Widya Afriani salah satu ketua TIM Wirausaha Milenial  untuk mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan SMK di Era New Normal ( 31/08/2021) melalui Zoom yang diselengarakan oleh FBKK (  Forum Bursa Kerja Khusus ) SMK Se – Jawa Timur. Dalam kegiatan tersebut banyak pakar pakar wirausaha menjadi Narasumber.

Dalam sambutan nya ,  Agus Gunarto, ST selaku ketua panitia menjelaskan “

Tantangan bangsa Indonesia yaitu Lapangan kerja, Pengangguran dan Kemiskinan disamping itu

Sifat dan perilaku generasi milenial saat ini diiringi  perkembangan IT, medsos dan digitalisasi yaitu

Lebih percaya informasi interaktif dari pada informasi searah , Lebih memilih ponsel dibading TV, Wajib punya media social, Kurang suka membaca secara konvensional dan Lebih tahu teknologi disbanding orang tua mereka ,Cenderung tidak loyal namun bekerja efektif

, Mulai banyak melakukan transaksi cashless

” Ada pun Program wirausaha SMK di era new normal adalah Memberikan pemahaman kepada peserta untuk program kewirausahaan SMK , Memberi wawasan digital preneur , Sebagai pengembangan diri untuk Guru/BKK, Sebagai bekal untuk pengembangan dalam menjalankan program wirausaha SMK oleh BKK/ sekolah/ pengolah usaha SMK/ ekstrakulikuler wirausaha SMK dan Sebagai bekal untuk menumbukan jiwa wirausaha bagi lulusan SMK” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Drs. Bahrun, ST, MM. Selaku Ketua FBKK Jawa Timur dalam sambutanya  menerangkan ” Pendidikan merupakan salah satu wahana untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta menambah ilmu pengetahuan untuk mengimbangi perkembangan zaman dan menjawab setiap tantangan global saat ini. SMK merupakan wadah pembelajaran formal yang akan lebih tepat untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik. Salah satu upaya menyiapkan SDM yang relevan dengan kebutuhan, sektor pendidikan menunjuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai wahana penyelenggara program pendidikan dan pelatihan bagi peserta didik.”

Prof. Ass, Dr. Basa Alim Tualeka, M.Si selaku Ketua KADIN Jawa Timur serta salah satu narasumber dalam acara itu  juga menjelaskan “

Kenapa berwirausaha?

1.            Perkembangan zaman

2.            Jumlah penduduk semakin bertambah

3.            Kurangnya lapangan pekerjaan

4.            Pengangguran selalu bertambah

Pilihannya pengusaha atau pegawai 

Kata mutiara

•             Setiap generasi membutuhkan revolusi baru

•             Selagi muda kita ingin mengubah dunia. Selagi tua kita ingin mengubah yang muda

•             Kalau anda sudah tidak lagi berubah, habislah riwayat anda.

Pasar sebagai sumber kehidupan = motivasi-inspirasi –inovasi dan rekayasa menuju sukses

Modal dasarnya yaitu kemauan keyakinan keamanan kebebaran kebaranian kemampuan kesempatan dan mampu mengukur

Mendapatkan inspirasi bisnis anda yaitu dimuali dari ide, ide bisnis ada karena melihat peluang bisnis kemudian membuat survey sederhana

Lokasi bisnis = bahan baku, biaya operasional, fasilitas pendukung, keramaian, pelanggan

Rencana modal dan keuangan usaha

1.            Modal pribadi

2.            Modal dari lembaga pemodalan

3.            Pembiayaan

4.            Pinjaman usaha kecil menengah

5.            Hibah usaha kecil

6.            Investor lain yang berminat pada bisnis anda

aspek pemasaran

target pemasaran = produk  atau jasa usaha diminati semua  kalangan

konsep pemasaran = produk atau jasa memiliki keunikan dan ciri khas tertentu

kualitas produk dan penetapan harga = produk/ jasa usaha memiliki kualitas standard dan harga bersaing

promosi untuk memperkenalkan produk/ jasa usaha (iklan dll)

pencatatan (akubtansi) bisnis

1.            Harga jual produk/ jasa

2.            Biaya operasional

3.            Keuntungan usaha

4.            Pemisahan antara harta pribadi dan modal usaha

5.            Penyisihan untuk pengembangan bisnis yang akan datang “

dalam paparannya menyebutkan pula bahwa ” Ciri-ciri UMKM

1.            Manajemen berdiri sendiri

2.            Modal disediakan sendiri

3.            Daerah pemasaran local

4.            Asset perusahaan kecil

5.            Jumlah karyawan terbatas

Asas pelaksanaan UMKM

1.            Kebersamaan

2.            Ekonomi yang demokratis

3.            Kemandirian

4.            Keseimbangan

5.            Berkelanjutan

6.            Efisiensi keadilan

7.            Kesatuan ekonomi nasional

Apa yang harus dilakukan wirausaha ?

1.            Ide baru dan ide besar

2.            Semangat baru

3.            Konsep baru dan strategi baru

4.            Ide cerdas dan bermanfaat

5.            Masrakat dan alam sebagai sumber inovasi, kreativitas dan sumber penghidupan” . Tambahnya

dalam kesempatan lain juga Bapak Prof. Ass, Dr. Basa Alim Tualeka, M.Si memberikan Pesan pesan bahwa ” Menjadi pemimpin itu tidak harus menjadi ketua atau penguasa, yang penting ide dan pemikirannya dipakai , Pemimpin yang sukses harus mempunyai keyakinan, kemauan, keberanian dan mampu mengukurnya, Pemimpin yang cerdik itu, dalam mengambil kebijakan dan keputusan harus memperhatikan koma dan titiknya , Pemimpin yang merakyat itu, selalu tidur diakhir dan bangun di awal sebelum pengikutnya , Rakyat suka pemimpin yang cakap, cerdas, kreatif dan inovatif, tapi rakyat lebih butuh pemimpin produktif yang fahan dan mengerti , Penegak hokum yang adil itu, dalam membuat keputusan harus tenang, terang dan bukan dalam keadaan gelap, Pemimpin yang sukses itu selalu menerima kritikan dalam keadaan sabar, ikhlas dan selalu sepenuh hati dalam pelayanan , Pemimpin yang produktif itu, selalu berfikir dan bekerja untuk orangbanyak, dan bukan berfikir dan bekerja untuk dirinya di dalam orang banyak, Pemimpin yang negarawan itu selalu menjalankan perintah sesuai dengan undang-undang, aturan dan hukum Negara.

Anggun Permatasari, SE Owner Aplikasi PRO-Jex selaku narasumber juga menjelaskan “ Joseph Schumpeter seorang ahli ekonomi sari Australia mendefinisikan entrepreneur adalah seorang yang ingim dan mampu untukmelakukan perombakan system ekonomi, mengubah ide baru atau penemuan baru menjadi sebuah inovasi yang sukses.”

Didalam Slide Nya Anggun Permatasari, SE memaparkan “ Welcome to the digital era

1.            175,4 juta pengguna internet di Indonesia per 2020

2.            160 juta pengguna social media di Indonesia per 2020

3.            60% dari pengguna internet mengatakan mereka menonton video-video dari youtobe, instagram, facebook dan tiktok

Penetrasi internet berdasarkan usia

13-18 tahu 75,50%

19-34 tahun 74,23%

35-54 tahun 44,06%

Lebih dari 54 tahun 15,72%

Penggunaan internet dijawa timur

89% tidak menggunakan internet 11% menggunakan internet

Perbedaan tradisional marketing dan digital marketing , digital marketing akan menggunakan media yang sifatnya digital, seperti media sosial hingga website. Sedangkan untuk traditional marketing, cenderung menggunakan media atau saluran yang bersifat tradisional, seperti media cetak hingga papan iklan.

Profil projex (klik langsung jalan)

Merupakan starup karya putra daerah yang menyediakan jasa transportasi ojek online dan layanan ekspedisi untuk membantu sector usaha masyarakat mulai dari mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam memperluas pasar dimasyarakat

Visi dan misi

Visi

Membantu memajukan dan memperluas pasar usaha masyarakat baik kecil maupun menengah (UMKM) dan memberikan kemudahan bagi masyarat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan dan membuka lapangan pekerjaan ojek dan kurir kedepannya.

Misi

1.            Membuka lapangan kerja selebar-lebarnya bagi masyarakat Indonesia dalam memperluas pasar

2.            Meningkatkan pelayanan untuk membantu UMKM di Indonesia dalam memperluas pasar

3.            Menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak yang terkait dengan usaha ojek online

4.            Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemanjuan teknologi

5.            Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan

Dengan visi dan misi tersebut, projex ikut andil dalam perekonomian di Indonesia juga dapat membantu mewujudkan Negara Indonesia yang lebih bermanfaat di era digital .

Fitur-fitur projex

1.            Pro-ride = layanan antar jemput kapanpun dimanapun dengan motor

2.            Pro-car = layanan antar jemput kapanpun dimanapun dengan mobil

3.            Pro-food = layanan pesan antar makanan dan belanjaan

4.            Pro-UMKM = layanan lapak jual beli produk UMKM daerah

5.            Pro-send = layanan pengiriman barang yang mudah murah dan cepat

Sultan syahrir pernah berkata “ hidup yang tidak pernah dipertarukan tidak akan pernah dimenangkan

M. Imron Pridadi Owner Makrifat Business Jember sebagai narasumber juga menjelaskan “ Mengapa harus membangun campany business digital ? Masa depan adalah dunia digital. Digital sudah masuk  kepribadian manusia modern segala kalangan pengendali business masa depan. Business digital sebagai pusat informasi, hiburan, edukasi, tutorial dll. Busniness digital sudah menjadi trend media dari segala media. Business digital adalah profesi modern bergensi masih banyak lagi dll” .

Penulis : Devi Widya Afriani dan Irvandy Andriansyah

Leave a Comment